Pemenang Indonesia Funtastic Squad, 18 Hari di AS

JAKARTA, SENIN – Televisi Republik Indonesia (TVRI), tanggal 7 September 2008, pukul 20.00 hingga 21.00 WIB, menayangkan hasil perjalanan empat pelajar SMU Indonesia selama 18 hari di Amerika Serikat. Keempat pelajar tersebut mewakili Indonesia setelah menyisihkan sekitar 1000 peserta audisi Indonesian Funtastic Squad, yang digelar di empat wilayah, yakni Jakarta, Denpasar, Makassar, dan Banda Aceh.

Information Assistant Publik Affairs Section United States Embassy, Kresna S Soegio, dalam siaran persnya, Senin (1/9) mengatakan, program bahasa Inggris di televisi itu tidak saja mendidik, tetapi juga dapat menghibur pemirsa. “Kedutaan Besar Amerika Serikat ingin menggugah kesadaran masyarakat bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang bermanfaat, bahasa yang perlu dipelajari, dan perlu dikuasai, ” katanya. Empat pelajar SMU pemenang Indonesian Funtastic Squad yang mewakili Indonesia itu adalah Nadira Titalia dari Jakarta, I Made Adhi Pratama dari Denpasar, Fadhilah Trya Wulandari dari Makassar, dan Dewi Fitri Yani dari Banda Aceh.

Menurut Kresna, di era globalisasi sekarang ini, kecakapan berbahasa Inggris dalam berinteraksi secara langsung dengan seluruh masyarakat dunia penting. Dengan cakap berbahasa Inggris, kerjasama kedua negara, Indonesia dan Amerika Serikat khususnya, bisa lebih ditingkatkan, bisa memanfaatkan peluang, bisa mengatasi tantangan, dan sekaligus juga berkompetisi.

Selama 18 hari perjalanan yang berakhir 15 Juli 2008 itu, empat pelajar SMU terbaik tersebut melakukan perjalanan ke San Fransisco mengunjungi Museum Science, Arf, and Human Perception. Kemudian Pier 39, sebuah dermaga di mana dapat disaksikan singa laut liar berenang dan berjemur. Lalu pabrik roti Boudin Bakery, Cable Car, Muir Woods National Monument.

“Selesai di San Francisco, perjalanan dilanjutkan ke Denver, Colorado. Pemenang juga berkesempatan mengunjungi Obama Denver Campaign Headquaeters dan berjumpa dengan sukarelawan yang bekerja untuk kegiatan kampanye Obama di sana. Setelah itu ke Georgetown, Texas, Brenham, Washington DC dan juga berkesempatan berkunjung ke Kedutaan Besar Indonesia, ” jelas Kresna. Begitu banyak pelajaran yang didapat dari perjalanan itu, yang mudah-mudahan dapat memberi inspirasi dan bisa diterapkan di Indonesia, sehingga Indonesia bisa lebih maju dan berkembang seperti yang dicita-citakan.

sumber : kompas.com oleh Yurnaldi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s