BALADA SEORANG MABA (Yang Salah Tempat)

Hari ini hari sabtu. Bagi dunia perkuliahan, hari ini mestinya libur. Tapi, berhubung sekarang masih bulan yang fresh buat Maba, jadi hari ini diisi dengan kegiatan ospek oleh himpunan. Kakakku (yang memilih pindah dari Biologi menuju FKM) sudah berangkat pagi-pagi sekali (bahkan gw belum bangun, bussett!), kira-kira pukul 05.46 pagi ini dan dia masih bilang : ‘aduuh! Sudah terlambat!! (bayangkan saja). gw sendiri, Maba dari HI, merasa lebih beruntung ketika senior membuat janji di Jam 08.00 pagi. Jadi, gw baru bangun jam setengah7 (uyee!! Prikitiw!!).

Sampai di kampus, jam 07.46. Masih ada 14 menit lagi sebelum dinyatakan terlambat. Di sepanjang  jalan utama kampus ini, sudah dipenuhi mahasiswa berpakaian putih dan celana training yang berolahraga sambil sesekali dihiasi teriakan-teriakan khas. Kusimpulkan, mereka adalah mahasiswa baru juga. Mereka datang karena request dari para seniornya untuk berolahraga (tau lah, Indonesia. tingkat kesadaran berolahraga-nya masih dibawah rata-rata, jadi ku rasa, ide ini cemerlang! *thumb up*). lagi-lagi, gw merasa beruntung. Setidaknya, gw nggak perlu datang ke kampus dengan training (gw-benci-olahraga dan gw-benci-keringetan). gw justru make kaos oblong paporit dengan tulisan I lupph SF dengan celana jins item (paporit juga) dengan pita merah di rambut saya (ya, sangat modis sekali, bukaan!!). But, nggak. gw bukannya mo ke mtos atau ke mp (gilee, jam 8 pagi nihh, bur!) tapi gw justru mo ngikutin pra-paradigma HI (yang-sangat-saya-sukai) di himpunan. YA, PRA-PARADIGMA. Ini pengkaderan ala HI. Pengkaderan yang berbeda. Kami DISKUSI! (uuyee! Prikitiw! Love it soo!! Yoo Manmeen!!).

Bagi yang udah pernah ngebaca blog gw pasti udah tau keluhan gw selama diskusi apa. Yup. Gw adalah seorang mahasiswi yang GA-BISA-DISKUSI! Gw klo ngeliat acara debat capres di TV-ONE, deemeen banget. Gw klo ngeliat temen-temen gw lagi menjelaskan panjang lebarr tentang opini mereka, seneeeng banget. Tapi, sungguh. Gw-GA-BISA-KAYAK-GITU! Gw ga pernah diskusi, guys. Selama ini, hanya ku habiskan masa SMA-ku dengan :

datang ke skul jam 07.30 pagi (as always, telat!)

duduk di first line dekat jendela (the best place for sleeping, angiin-angiin nya men!!)

dengerin guru paporitt berceramah di depan kelas (and gw onleend di fb)

ngerjain tugas (rumus phytagoras, teori newton, tata senyawa kimia, gaya magnet, gaya tikus terbang, gaya gajah duduk, whatt??)

izin ke toilet (pas lewat kantin, ke-inginpipis-an berubah jadi ke-inginmakan-an)

pulang skul jam 01.30 (ya, pulang, lunch dan tidur)

pelajaran diskusi di kelas gw hanya bisa dihitung jari (secara anak IPA, kerjaannya nyarii rumuus ajaa!). gw emang dari dulu ngerasa IPA bukan jiwa gw. Oleh karenanya, gw milih jurusan non-eksakta di bangku kuliah. Dan ya, berhasil. Gw dapet jurusan Hub. Internasional, guys. Ya. HUBUNGAN INTERNASIONAL! Woo-hoo! EXCITED bangett gw di jurusan ini. Secara, I LOVE EVERYTHING ‘bout INTERNATIONAL! Tapi, ternyata. Ga segampang itu, sodara. Gw lupa, ternyata jurusan ini non-eksakta. Loe dituntut untuk mampu berbicara di depan umum. Keluarin pendapat loe. Tunjukin rasa loe. Dan, gw-ga-terbiasa-itu, guys T_T. Tapi, beberapa temen gw juga dari IPA dan mereka ga punya something trouble in it kok. Jadi, gw simpulin, gw emang gak banget. gw emang minim kemampuan. Gw emang minim pengetahuan. Gw emang minim wawasan. Gw sadar, selama ini gw ga ngemanfaatin waktu gw untuk belajar baek2. Beginilah jadinya. Gw harus bisa ber-adaptasi dengan baek. Tapi, kemarin salah seorang senior gw nanyain : “trus, gimana cara loe beradaptasi?” dan gw jawab dalam hati : “oh iya, yah. Bener. Gimana caranya yah?”. Pertanyaan ini terus menggeliat di pikiran gw. Gw ga tau harus beradaptasi seperti apa?. Apakah dengan menghilangkan seluruh channel 2, 4, 5, 6, 7, 8 dan menyetel TV dengan channel 1 dan 3 (which is ini stasiun TV buat orang-orang intelek). Kali ini, gw serius. Gw bener-bener ngerasa bego. Gw ngerasa lagi terjebak di tengah-tengah sekawanan gladiator yang lagi berperang di stadion, tapi bukan berperang dengan senjata melainkan dengan pengetahuan. Sumpah, temen-temen gw SANGAT AMAT BANGET SEKALI cerdas. Pernah sekali ngedengerin pendapat salah satu temen gw tentang suatu organisasi dan meng-analogi-kan itu dengan Negara Swiss (dalam hati : “buseet, wawasannya udah sampe Swiss, boy! nah, gue? Tau apa gue tentang itu? wawasan gue cuma sekitaran makassar dan itupun masih minim banget). Dan akhirnya, gw down (inget guys, bukan sydrom down). Kemudian, sesekali dengerin salah satu kritikan temen gw dengan bahasa yang halus, jelas, padat, dan ga berbelit-belit (sumpah, it’s just awesome! sampe ketua Himpunan pun menyukai cara pemikirannya. wow!). Sementara gw ga pernah sekalipun meng-kritik. Gw slalu aja ngeliat something dengan satu point of view aja dan slalu aja say agree! tapi, mereka berbeda. Dan, sekali lagi. .  gw down abiiss T_T.

downini muka gw kalo lagi down (ingat, bukan syndrom down). dan sungguh sangat jelek sekali, bukan?

Dan gw ngerasa udah salah tempat. Sesekali, gw ngerasa this is not my place to sit. This is only for them who have a briliant ideas and intelectual analisys. Tapi…. sesaat, akhirnya gw sadar. Inilah perjalanan untuk sukses, kawan. Gw harus termotivasi to do better. Gw harus slalu punya semangat untuk menaklukkan dunia. Lihatlah sang penemu bola lampu yang berhasil ketika telah mengalami kegagalan berpuluhribu kali. Lihatlah orang tua gue yang sukses menyelesaikan studi di kampus padahal dulu katanya mereka hanya bermodalkan tekad, karena mereka dulunya ga punya duit untuk sekolah. Dan itu bukan hambatan yang gampang. Tapi toh, mereka berhasil juga. Apalagi HANYA DENGAN PERMASALAHAN GW YANG NGGAK BANGET ini. Gw seharusnya bisa ngelewatin ini semua. Dan ini yang gw katakan sebagai adaptasi. Adaptasi itu adalah dengan cara gw harus slalu tanamkan di dalam hati klo-gw-bisa!! THIS IS NOT THE END OF YOUR CAREER. KAMU MASIH PUNYA WAKTU UNTUK BELAJAR!🙂 Oia, Thanks banget buat temen-temen gw yang udah nge-support via FB and via message dan memberikan  motivasi-motivasi ini. Kalian yang terbaik, guys. Cheerrs!!🙂

Motivasi : Hari ini, kalian memang tidak mendengarkan suara saya di forum ini. Hari ini, saya hanyalah seorang pendengar. Tetapi, saya berjanji :

Suatu saat nanti, kita semua akan bertemu di forum Internasional, dan saya… yang akan menjadi pembicaranya”.

17 responses to “BALADA SEORANG MABA (Yang Salah Tempat)

  1. bagus tulisannya..
    makanya jadi mahasiswa harus banyak baca..
    apalagi kalo mau jadi diplomat..
    cocok mi toh anak HI biasanya jadi diplomat..
    ok sukses!!

  2. catatandhila

    hiks hiks😦
    yiia kdong kak. .
    kayaknya memang TERAMATSANGAT malas ka membacaa. .
    okee mii kak. sa akan BERSEMANGAT MEMBACA.
    demi CITA-CITA dan untuk MENCERDASKAN BANGSA.
    hohoo. .
    semangatt!!😀

  3. Keep writing n critizying…
    i like d way u write a lot…

    …dan berikan hal-hal terbaik untuk keluarga kecil yang kita sebut itu HIMAHI…
    🙂

  4. oh tidakk!
    seorang kak Hasrul membaca cerita ini🙂
    kalo di FaceBook istilahnya biasanya seperti ini :
    fadhilah trya wulandari menyukai ini *ada jempol ke atas*

    thanks kak sudah menyempatkan berkunjung di blog yang isinya sangat sederhana ini🙂
    appreciate! *padahal di cerita ini, sa juga sempat angkut namanya ketuahimpunan* hehhe🙂 maaf kak. karna tanpa izin.

    yiia kak, sa akan slalu blajar mnulis en mengkritik. karna sodara ku di 09 memberikan motivasi ini.

    salam himahi yia kak🙂

  5. dhiLaaaaaaaaa
    TeTeUp SeMangadd kaWANd…
    kLuarga keCiL ini aKan sLaLu mnDukung muw,meMotiVasi mUw,sLaLu d smPing muw,mNEmani keSendirian n Ksepian muw,dan aKan sLaLu memBeri muw SEMANGAT !!!
    oiy…jgn SungkaN kLo Mw cRhat,kLo eMg g mw d omongn ke Org bLg aj ntr aQ tu2P muLut koq..
    saLam HIMAHI

  6. buseeett mandy..
    (fadhilah trya wulandari and 187 others like this. ;p)
    iye iyee. .
    ntar ta’ curhatin dah.
    soalnya belakangan lagi pada sibuk smua ama MID.
    apa lagii ama MID Bahasa.
    “apa yang nda bisaa, biisaaa jiii. suka suka muu laah”
    hahahaha😀

    thanks for visiting this “strange” blog yiia syang🙂

  7. bisaaaaa jiiiii dhilaaaaa

  8. setiap harapan…
    harus diaminkan,,

    amin

  9. amin amin amin🙂
    doakan nah kak..
    hehehhe

  10. bGtu muka muw kLo Lg down ???
    pRasaan ndk gtUuuuuu deyhhhh

  11. pustakaruwa : apanya yg keren? cerita ku? atau blog ku? atau mungkin wajahku? (opsi yang terakhir itu pasti bukan jawabannya) hhe🙂 thanks, btw. sering2 berkunjung yiaa.. (promosii bangett)

    mandy : iyaa, nda begini memang. LEBIH JELEK LAGI. tapi, berhubung ini diary online yang semua orang bisa baca, jadiii.. yg dipasang yang AGAK BAGUS sedikit. (dweh. klo begini bagusnya, bemana mii itu klo yg nda bgus nya? lebih parah pasti lagi mukanya) haha😀

  12. hohohohoo…..kw sndiri ji yg blg agak bagus nah.
    z kn ndk blg bagus atw jelek.
    neng cpt smbuh y…
    sarampa atw alergi ?waduhhh,np jg tu mampir2 d kw..

  13. sebenarnya maba yg salh t4 tu sy dilo…

  14. catatandhila

    ah.. tidakk deh.
    ANGGOTA PENUH kw ituee..
    nda ada ji yg salah tempat. ini mi tempat terbaik yg na kasi ki Tuhan. betulang ngaaa..
    jann mkw ikut SPMB ulang nahh! awas kw itu!
    hahha😀

  15. haaaaaaaaaaaahhhhhhhh dilaaaaaaa
    aku dilemaaaaa…..
    d bLg z itu ma dwi ndk sadar jd anggota penuh.
    cm mw ji ikt kegiatn pengkaderan.y..insya allah z bkl beri yg tbaik bwt himpunan trcinta.

  16. catatandhila

    tsaaahhh tsaaahh tsaaaahh..
    yg terbaikk nyaa mihh😀
    sadar nda sadar, yg jelas, itu mi pilihan mu cuyy.
    ayoo kitaa berhimpunan😀
    nda ada yg boleh pindah2 napph.
    hahahah
    hidduppppssss !!

Leave a Reply

