Manajemen Diri : Langkah Awal Manajemen Organisasi

Setiap manusia dituntut untuk mampu melakukan manajemen diri. Manajemen diri adalah kemampuan seseorang untuk mengatur, mengendalikan, serta mengontrol diri sendiri untuk mencapai sesuatu yang telah direncanakan. Terdapat 3 elemen utama di dalam melakukan manajemen diri, yaitu hati (perasaan), otak (pola pikir), dan tindakan (perilaku). Hati adalah komponen utama, dimana segala sesuatu dimulai dari perasaan. Perasaan yang kemudian akan mengatur pola pikir kita untuk bertindak. Jika perasaan sedang tidak dalam kondisi yang baik, maka akan sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan tindakan. Tetapi, tidak selamanya segala sesuatu dimulai dari perasaan. Ada kalanya, pola pikir dan tindakan yang akan memberikan efek kepada perasaan. Tiga komponen ini sangat berhubungan satu sama lain dan saling mengatur sampai pada akhirnya dapat melakukan manajemen diri.

Ketika seseorang telah mampu melakukan manajemen diri, artinya dia telah mendapatkan sebuah kunci menuju pintu kesuksesan. Kunci kesuksesan terdapat pada IQ, EQ, dan SQ. Seseorang yang ingin sukses selain harus mempunyai IQ dan EQ, juga harus dibarengi dengan SQ. Karena SQ akan membawa kita untuk lebih dekat kepada Sang Pemberi Kesuksesan. Kesuksesan juga didapatkan dari potensi diri yang kita miliki. Setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda-beda. Tetapi, tidak jarang ditemukan seseorang yang belum mampu mengetahui potensi yang ia miliki. Untuk melihat potensi diri sendiri adalah dengan bagaimana kita me-manage sesuatu untuk dapat menjadikannya sebagai sebuah potensi. Jadi, ini tergantung dari kemampuan kita mengasah apa yang kita miliki secara terbatas untuk dijadikan sebuah keunggulan bagi diri sendiri.

Potensi yang dimiliki setiap orang harus diwujudkan dengan tanggung jawab kemanusiaan. Apa yang kita ketahui seyogyanya juga dibagi dengan kepada yang belum tahu. Apa yang kita miliki juga dapat dibagi kepada orang lain. Pengetahuan yang kita milki sebaiknya dapat kita implementasikan kepada masyarakat luas. Karena setiap manusia memiliki tanggung jawab kepada yang lain sebagai makhluk sosial.

Oleh karena itu, setiap orang harus mampu mengenali dirinya sendiri dengan mengetahui potensi yang ia miliki agar ia mampu me-manage dirinya dengan lebih baik. Jika ia telah mampu melakukan manajemen diri, berarti ia telah siap untuk me-manage orang lain, dan kemudian telah siap untuk me-manage sesuatu yang lebih besar dan lebih luas, yaitu organisasi. Manajemen diri adalah sebuah tangga pertama yang harus dipijaki sebelum nantinya ia mampu melakukan manajemen organisasi.

so, kenalilah dirimu sebelum mengenali orang lain

cheers🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s