JetLag? NO MORE!!

Bagi sebagian orang yang seneng walking-walking alias jalan-jalan, Jetlag mungkin udah bukan lagi istilah yang asing binti aneh. Nah, beda dengan gw, guys. Gw asli numberonekatrowoman deh. Pernah sekali gw sok-sok-an ke negeri Paman Sam buat walking-walking bareng empat temen gw dari Aceh, Bali, en Jakarta after menangin lomba Indonesin FUNtastic Squad yang diadain U.S. Embassy bareng TV Consult waktu itu. Sumpah, waktu itu ga siap banget buat travelling lagi. Alasannya, selain bahasa inggris gw masih ancur-ancuran juga gw ga tau apa-apa soal negeri itu. Beda dengan keempat temen gw itu yang udah browsing sana-sini nyari info tentang tempat yang bakal dikunjungin sebelum bener-bener menginjakkan kaki disana. Nah, gw? CUEK GILAAA. H-2 berangkat pun, gw masih belum nyiapin apa-apa nih guys. Packing juga seadanya. Soalnya, gw masih berpegang pada prinsip “Tiba Masa Tiba Akal”. MAMMPUSSS LOOO!! Kena getahnya kan.. ahhaay😀

Ini tiket gw, guys. Naik Cathay, dari Jakarta, transit di Hongkong ke San Francisco.

Ini dia nih masalahnya. Klo masalah packing-packing mah, gapapa, cuek aja, secaraaa ANAK PRAMUKA TULEN.  ahhaay. Tapi, Perjalanannya itu loohh. Busseeettt. LAMAA BANGETT BRUR!! Dari Jakarta ke Hongkong itu klo ga salah inget ada 6 jam. Aman, gw masih kuat. Pas ke San Francisco, tau berapa jam? 18 JAM!! Bayangin tuh, gimana ga encok di jalan?! Ckck. Untung tuh pesawat punya layar tipi di masing-masing kursi, jadi gw bebas, mo denger lagu kek, mau nonton pilem kek, mo ngorok ga jelas kek, hajarrr! (sumpah, katro banget kan gw?).

Pas nyampe di San Francisco pagi-pagi sekitar jam 10an. Semuanya pada lemes,, kepala puyeng, hasrat pengen tidur, kaki pegel, mata berkunang-kunang, hidung mimisan, rambut jadi botak (lohh?? beberapa hal yang kusebut hanya piktif belaka), dan kirain itu gara-gara duduk ga jelas di pesawat. Ternyata, si daddy George bilang gini: “Hey, you got jetlag!!”.

HAH?

APA?

JETPLANE?

Bisa diulang? sepertinya gw salah dengar, gara-gara makan bakso kebanyakan dalam pesawat. (apa hubungannya?). Baiklah, diulang.

HAH?

APA?

JETLAG?

Ini baru benar. Tapi, Apa itu? Apakah itu sejenis makanan ikan? Atau  mungkin saja itu sejenis udang-udangan? BUKAANN, saraaaapp (asli, gw katro abis). Nah, buat kalian yang juga sama katronya ama gw, Jetlag itu ternyata semacam kondisi dimana tubuh belum mampu menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru karena perbedaan zona waktu dengan tempat asal. Contohnya. Pas nyampe di SF jam 10an pagi, waktu normal yang mestinya di rasain adalah jam 10malam waktu indonesia (karena amerika dan indonesia beda hampir 12 jam), sehingga perasaan tubuh yang mestinya istirahat jam segitu jadi batal karena ternyata masih pagi di amrik. Jadilah, ini yang disebut sebagai JETLAG!. Gimana cara ngatasinnya? Tenang, gw ada solusi yang gemilang, fantastis dan bombastis (kata2 sarydongdong). Gw ngambilnya dari Kompas.com aja yah, soalnya waktu gw JETLAG juga ngikutin tips ini. ihihihi…

Pernah liat muka sejelek ini di pesawat anda? Waspadalah, itu mungkin saya.

Yang pertama, selama di pesawat, disarankan buat banyak minum air putih. Soalnya, katanya di pesawat itu kan udaranya kering, biar ga mudah dehidrasi. Memang sih, akhirnya jadi bolak-balik lavatory karena kebelet. Tapi, demi kesehatan. Gapapa kan?. Kedua, pas di tempat tujuan, berusaha cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru dengan mengikuti aktivitas sesuai jadwal setempat. Misalnya, pas jam makan siang, tidur semua sesuai dengan waktu yang baru. Kalo ga bisa tidur pada jam di tempat tujuan, usahakan pake sleep aid ato obat tidur. Itu akan cukup membantu membantu jetlag loo, tapi inget.. dengan dosis yang tepat. Kalo tiba di tujuan saat pagi hari, mandi dengan air dingin saat mendarat. Tapi, klo tiba di sore hati, maka mandi dengan air hangat biar tubuh dan pikiran rilek kembali. Seperti biasa, hindari konsumsi kafein ato alkohol. Karena itu akan mempengaruhi pola tidur anda dan membuat anda makin susah untuk adaptasi dengan lingkungan yg baru. Dan ini adalah tips paporit gw, makan lebih sering! Dengan makan yang lebih sering ato ngemil selama di pesawat, memudahkan metabolisme tubuh, sehingga menjaga kondisi tubuh biar ga lemes.

Itu dia tuh, tips yang gw ikutin selama menikmati perjalanan di Amerika Serikat.  JETLAG? NO MORE! Kali-kali aja bisa jadi inspirasi buat kalian yang bakal ke luar negeri juga dengan perbedaan waktu yang cukup jauh antara Indonesia dan negara tujuan.

HAPPY TRAVELING, GUYS !!🙂

Love, dilah.

7 responses to “JetLag? NO MORE!!

  1. hahhaa…..
    prnh ko jetlag..
    ndk enkny itu..

  2. the red shoes

    Nda enak skalii….
    hahaha😀
    kyk mw ka sa rsa tidur teruss..

  3. wah kayak enagh tuh……..
    jalan2 ke negara seberang….

    pa lagi naeg JETLAG..
    hahahaaaa….

    mantap tawwa…….

  4. the red shoes

    hahahaa😀
    apanyaa enakk nekk jetlagg..
    jetplaanee yg enak…
    astgaaa.. astgaaa.. nddaa bisaa kuu..
    nanti se ajak jalan2 ke negeri seberang. yaahh minimal dekat vanuatu laah.
    hhehee🙂 piss cuy.

  5. jetlagg.ummhh…g pernah yah, g pernah keman2..hahhaha

  6. the red shoes

    ntar gw bwa kemana-mana deh. lewat fesbuk kan udah kemana-manaa, jalan2 ke status orang2.. ehehehe😀

  7. hahahahahaaaa…..
    jetplane toh…..

    hhahahahaa…
    vanuatu….

    apaan tuh…..
    (katro banget nih)….

Leave a Reply

